Selamat datang di Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
Tahun Pelajaran 2021/2022

Laman ini dibuat sebagai pusat informasi Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2021/2022 Kabupaten Gunungkidul khususnya SMP Negeri 2 Wonosari secara Online

Jadwal Pelaksanaan

22-24 Juni 2021

Pendaftaran

Kamis, 24 Juni 2021

Seleksi

Jumat, 25 Juni 2021

Pengumuman

25 & 28 Juni 2021

Daftar Ulang

Pendaftaran Peserta Didik Baru dimulai dalam

Hari
Jam
Menit
Detik
Pendaftaran Peserta Didik Baru sudah dimulai!
Ketentuan dan Tata Cara Pendaftaran
  1. Calon peserta didik melakukan pendaftaran mandiri melalui laman http://ppdb.pendidikan.gunungkidulkab.go.id atau dibantu oleh sekolah asal (SD/MI/Paket A atau bentuk lain yang sederajat) sesuai jadwal yang ditetapkan.
  2. Dokumen yang di-upload oleh sekolah asal (SD/MI/Paket A atau bentuk lain yang sederajat) adalah semua syarat pendaftaran PPDB antara lain :

a). Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus jenjang SD/MI/Paket A atau bentuk lain yang sederajat,

b). Rekapitulasi Nilai Rapor 5 (lima) semester terakhir,

c). Nilai hasil ASPD,

d). Pas foto 3 x 4,

e). akta kelahiran (Bagi calon peserta didik yang pada saat pendaftaran belum memiliki akta kelahiran, dapat diganti dengan surat pernyataan kesanggupan dari orang tua/wali untuk mengurus akta kelahiran paling lambat pada akhir tahun pelajaran berjalan),

f). Kartu Keluarga atau jika kartu keluarga tidak dimiliki karena bencana alam dan/atau bencana sosial, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili (surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh kepala desa setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili),

g). Piagam prestasi akademik / non akademik (untuk jalur prestasi jika punya),

h). Dokumen keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dibuktikan dengan cetak hasil Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ dan/atau cetak layar (print screen) Sistem Informasi Desa (SID) bagi calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi,

i). Surat keterangan/hasil penilaian Anak penyandang disabilitas dari psikolog profesional atau lembaga yang berkompeten (jika ada),

j). Bukti Surat Tugas Orang Tua/wali/guru (untuk jalur perpindahan orang tua/wali/anak guru) dan Aplikasi dibuka tanggal 22 s.d 24 Juni 2021.

Jika terjadi kendala dalam upload / unggah dokumen dimohon cek ukuran file nya per dokumen maksimal 5 Mb, namun disarankan per dokumen ukuran file -+ 300 kbps s.d 1 Mb hasilnya sudah terlihat jelas (unggah dokumen lebih ringan).

  1. Jika karena sesuatu hal tidak dapat dilakukan secara daring (online) oleh sekolah asal, maka dapat dilakukan dengan cara calon siswa baru / orang tua datang ke sekolah tujuan (Sekolah Pilihan 1) dengan membawa dokumen syarat pendaftaran PPDB antara lain :

a). Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus jenjang SD/MI/Paket A atau bentuk lain yang sederajat,

b). Rekapitulasi Nilai Rapor 5 (lima) semester terakhir,

c). Nilai hasil ASPD,

d). Pas foto 3 x 4,

e). akta kelahiran (Bagi calon peserta didik yang pada saat pendaftaran belum memiliki akta kelahiran, dapat diganti dengan surat pernyataan kesanggupan dari orang tua/wali untuk mengurus akta kelahiran paling lambat pada akhir tahun pelajaran berjalan),

f). Kartu Keluarga atau jika kartu keluarga tidak dimiliki karena bencana alam dan/atau bencana sosial, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili (surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh kepala desa setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili),

g). Piagam prestasi akademik / non akademik (untuk jalur prestasi jika punya),

h). Dokumen keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dibuktikan dengan cetak hasil Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ dan/atau cetak layar (print screen) Sistem Informasi Desa (SID) bagi calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi,

i). Surat keterangan/hasil penilaian Anak penyandang disabilitas dari psikolog profesional atau lembaga yang berkompeten (jika ada),

j). Bukti Surat Tugas Orang Tua/wali/guru (untuk jalur perpindahan orang tua/wali/anak guru) dan Aplikasi dibuka tanggal 22 s.d 24 Juni 2021.

  1. Calon peserta didik baru menginput Username dan Password yang telah diberikan pada laman ppdb.pendidikan.gunungkidulkab.go.id dan data pendaftar akan muncul sesuai data dapodik.
  2. Sekolah asal wajib melakukan verifikasi data siswa dengan cara ceklis didalam sistem PPDB. Jika tidak diverifikasi maka siswa tidak bisa melanjutkan menentukan sekolah pilihan.
  3. Calon peserta didik wajib membaca secara seksama semua informasi perintah dan peringatan yang ditampilkan dalam sistem PPDB.
  4. Apabila data calon peserta didik tidak terdaftar dan/atau data yang ditampilkan tidak sesuai maka hubungi sekolah asal. Perbaikan data siswa diaplikasi ppdb (menggunakan akun siswa) wajib mendapat persetujuan dari sekolah asal dan setelah disetujui maka siswa sudah tidak memperbaiki data kembali.
  5. Calon peserta didik baru yang berasal dari sekolah luar Gunungkidul yang belum memiliki username serta password akan di buatkan oleh operator sekolah tujuan dengan berkoordinasi bersama Dinas yang dilayani di Unit Layanan Terpadu (ULT) mulai tanggal 22 s.d 24 Juni 2021. pada jam kerja;
  6. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jalur dari 4 (empat) jalur pendaftaran PPDB dalam satu zonasi ( 5 sekolah terdekat).
  7. Selain dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi sesuai dengan domisili dalam zonasi yang telah ditetapkan, calon peserta didik juga dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur afirmasi atau jalur prestasi atau jalur perpindahan orangtua/wali/guru di luar wilayah zonasi domisili peserta didik sepanjang memenuhi persyaratan.
  8. Calon peserta didik hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) satuan pendidikan dan menetapkan satuan pendidikan pilihan 1 (satu) dan pilihan 2 (dua).
  9. Calon peserta didik wajib mencetak surat pernyataan tentang kebenaran dokumen dan bukti cetak pendaftaran online dan secara otomatis akan tersimpan menjadi lampiran persyaratan setelah siswa melakukan pendaftaran dan upload dokumen.
  10. Calon peserta didik dapat melakukan perubahan pilihan 1 menjadi pilihan 2 atau sebaliknya dan pilihan 2 secara otomatis akan menjadi pilihan 1 atau sebaliknya.
  11. Calon peserta didik dapat melakukan hapus pendaftaran pilihan 1 dan/atau pilihan 2. Jika pilihan1 dihapus maka pilihan 2 secara otomatis akan menjadi pilihan 1 atau sebaliknya.
  12. Calon peserta didik yang melakukan perubahan urutan pilihan satuan pendidikan dan/atau menghapus pendaftaran, wajib mencetak ulang tanda bukti pendaftaran.
  13. Calon peserta didik hanya dapat melakukan hapus pendaftaran dan ubah pilihan masing-masing maksimal 2 kali.
  14. Calon peserta didik wajib memastikan kelengkapan dokumen yg diupload sudah mendukung atas jalur yang dipilih.
  15. Pendaftaran PPDB dimulai Tanggal 22 Juni 2021 pukul 08.00 WIB s.d 24 Juni 2021 pukul 15.30 WIB.
  16. Sekolah penyelenggara PPDB melakukan verifikasi data dan dokumen calon peserta didik dengan cara ceklis terhadap berkas pendaftaran didalam sistem PPDB mulai tanggal 22 Juni 2021 pukul 08.00 WIB s.d 24 Juni 2021 pukul 17.00 WIB.
  17. Calon peserta didik secara otomatis akan masuk ke dalam jurnal PPDB setelah terverifikasi dan jurnal PPDB dapat dilihat secara real time di laman PPDB.
  18. Pengumuman calon peserta didik yang diterima ditampilkan di laman PPDB pada tanggal 25 Juni 2021 pukul 10.00 WIB.
  19. Cadangan akan diambilkan dari 5 (lima) calon peserta didik yang berada di bawah kuota.
  20. Calon peserta didik yang diterima melakukan Daftar Ulang secara daring pada tanggal 25 Juni 2021 dan 28 Juni 2021 mulai pukul 08.00 WIB s.d 15.30 WIB menggunakan akun Calon peserta didik dengan klik menu daftar ulang dan apabila sampai dengan batas waktu yang ditetapkan tidak melakukan daftar ulang maka dianggap mengundurkan diri.
Brosur
Tetap up to date

WhatsApp Group

Telegram Group

Instagram